KOMPETENSI PROFESIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU PAUD NON FORMAL DI WILAYAH SEKTOR BARAT KABUPATEN SLEMAN

Firdaus, Wahyuthin Nafi'atul (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN KUALIFIKASI AKADEMIK GURU PAUD NON FORMAL DI WILAYAH SEKTOR BARAT KABUPATEN SLEMAN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
TESIS FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kompetensi profesional dan untuk mengetahui perbedaan kompetensi profesional ditinjau dari kualifikasi akademik guru PAUD non formal di wilayah sektor barat kabupaten Sleman. Hipotesis penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan positif antara persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru PAUD. 2) Ada perbedaan kompetensi profesional antara guru PAUD yang berkualifikasi akademik S1 PAUD / Psikologi / PLS, baru menempuh S1 PAUD/ Psikologi / PLS, S1 non PAUD/Psikologi/PLS dan SMA/SMK. Metode pengumpulan data menggunakan tes pada pengukuran kompetensi profesional dan skala likert untuk persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah. Subjek penelitian yang memenuhi kriteria ada 85 orang, dengan kualifikasi akademik S1 PAUD/S1 Psikologi/PLS, baru menempuh S1 PAUD/Psikologi/ PLS, S1 non PAUD/Psikologi/PSL, SMA/SMK. Teknik analisis menggunakan product moment, indeks kesukaran aitem, indeks daya beda, dan one way anova. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara persepsi gaya kepemimpinan demokratis dengan kompetensi profesional besarnya koefisien korelasi adalah 0,425 dan p sebesar 0,000. Persepsi gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah memberikan sumbangan 18,1% terhadap kompetensi profesional. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi profesional antara guru yang berkualifikasi akademik S1 PAUD/Psikologi/PLS, baru menempuh S1 PAUD/Psikologi/PLS, S1 non PAUD dengan yang berkualifikasi SMA/SMK, dengan F = 7.469, P = 0.000 (p < 0.05). Kompetensi profesional yang tertinggi adalah kompetensi profesional guru PAUD berkualifikasi akademik S1 PAUD/Psikologi/PLS, sedangan yang paling rendah adalah kompetensi profesional guru PAUD berkualifikasi akademik SMA/SMK. Kata kunci : Kompetensi profesional, Gaya kepemimpinan demokratis, Kualifikasi akademik

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 06 Nov 2017 10:08
Last Modified: 06 Nov 2017 10:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item