PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJARA SISWA

Muliawati, Aulia Isnaini (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJARA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan Etnomatematika ditinjau dari hasil belajar siswa yang berkualitas dilihat dari kriteria kevalidan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan tahap 1 (paling rendah) dengan model pengembangan dari ADDIE yang disederhanakan menjadi 5 tahapan. Unsur etnomatematika yang digunakan pada penelitian ini adalah banguna rumah limasan jawa dari Studio Alam Gamplong dengan menggunakan aplikasi utama yaitu Adobe Flash CS5.5 AIR for Android. Kevalidan media pembelajaran berbasis android dilihat dari hasil analisis uji pengembangan terbatas oleh para ahli. Penilaian media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 100 dengan kriteria “Sangat baik “ dan penilaian ahli media didapatkan skor sebesar 79 dengan kriteria “Cukup” sehingga memenuhi aspek kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan etnomatematika ditinjau dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penelitian ini telah memenuhi aspek kevalidan. Sehingga media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Etnomatematika, Bangun Datar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:28
Last Modified: 22 Mar 2021 03:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item