Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Saputra, Andri Anto (2021) Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), untuk menguji pengaruh profitabilitas (Return On Asset) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), dan untuk menguji apakah profitabilitas (Return On Asset) dapat memoderasi hubungan antara corporate social responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan (Tobin’s Q). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2019 yang berjumlah 31 perusahaan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, dari 31 populasi perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2015-2019, hanya terdapat 16 perusahaan yang sesuai dengan kriteriakriteria yang telah ditentukan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR) kemudian variabel dependennya adalah nilai perusahaan (Tobin’s Q), sedangkan yang menjadi variabel moderating dalam penelitian ini adalah profitabilitas (Return On Asset). Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Regresi Variabel Moderasi (Moderated Regression Analysis) (MRA). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019, Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tobin’s Q pada perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015- 2019 dan Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan memoderasi hubungan antara corporate social responsibility (CSR) terhadap Tobin’s Q pada perusahaan sektor manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Return On Asset, Tobin’s Q
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:43
Last Modified: 01 Mar 2021 02:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item