Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Certainty Factor

Sukarno, Bayu Adji Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Certainty Factor. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Certainty Factor. pp. 1-12.

[thumbnail of Naskah Publikasi]
Preview
Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Gigi merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh manusia. Sebagai salah satunya organ yang tidak bisa menyembuhkan diri sendiri, gigi menjadi organ tubuh yang sangat di jaga dan dirawat kondisinya selama kehidupan sesorang berlangsung.
Berdasarkan data informasi kesehatan gigi di Indonesia yang diperoleh dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementrian Kesehatan RI Tahun 2014 mengungkapkan bahwa persentase penuduk Indonesia yang memiliki masalah kesehatan gigi tahun 2007 dan 2013 meningkat dari 23,2% menjadi 25,9%. Penduduk yang menerima perawatan medis gigi meningkat dari 29,7% Tahun 2007 menjadi 31,1% pada Tahun 2013.
Masyarakat membutuhkan langkah cepat dalam memeriksakan gigi mereka sebelum pergi ke dokter gigi yang lokasinya dapat di bilang jauh dari jangkauan. Hal ini di peruntukkan dalam penanggulangan awal dalam mengatasi penyakit gigi yang mungkin diderita. Oleh karena itu dibutuhkan cara cepat dalam mendiagnosa penyakit gigi yang dapat dilakukan oleh setiap individu.
Berdasarkan uraian diatas maka dalam penelitian ini akan dibuat sistem pakar untuk mendiagnosa Penyakit Gigi dan Mulut. Sistem ini diharapkan dapat digunakan utnuk membantu kalangan masyarakat dalam mendiagnosa awal pencegahan penyakit yang lebih parah.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Diagnosa Penyakit gigi dan mulut
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:53
Last Modified: 21 Jan 2022 05:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item
View Item