Akhsa, Ardhiyan (2020) ANALISIS POLA TRANSAKSI UNTUK REKOMENDASI MENU PAKET PADA OUTLET AYAM GEPREK DENGAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRACT.pdf
Download (60kB) | Preview
ABSTRAK.pdf
Download (264kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (12kB) | Preview
![[thumbnail of Bab Dua]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab Tiga]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (834kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab Empat]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (395kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (70kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (7kB) | Preview
![[thumbnail of Lampiran]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of Skripsi Full Text]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penerapan data mining dapat membantu pelaku industri kuliner sebelum mengambil sebuah keputusan bisnis untuk mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan bisa memakai metode asosiasi dengan algoritma apriori untuk menentukan rules yang bisa mengubah data menjadi informasi yang lebih berguna. Algoritma apriori adalah bagian dari metode asosiasi pada data mining yang bertujuan untuk menemukan frequent itemset dari sekumpulan data tertentu. Proses algoritma apriori dilakukan dengan menentukan frequent itemset yang memenuhi syarat minimum support dan minimum confidence yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kombinasi menu A La Carte dengan menu Beverage yang dibeli secara terpisah diluar menu paket, menggunakan sebanyak 949 records yang diolah dari 12503 records data transaksi mentah di outlet ayam geprek periode Maret sampai Mei 2020. Aturan asosiasi final yang digunakan sebagai rekomendasi menu paket pada outlet ayam geprek yaitu aturan “81.9% pembeli Beverage Milo, maka akan membeli A La Carte Ayam Geprek”, dengan nilai support 0.15806, nilai confidence 0.81967 dan lift ratio dengan nilai sebesar 1.8972
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Pola Transaksi, Asosiasi Data Mining, Korelasi Produk di Outlet Ayam Geprek, Algoritma Apriori Data Mining. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Teknik Informatika UMBY |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:45 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:45 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10040 |