Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Otoritatif Dengan Kecenderungan Adiksi Internet Pada Remaja

Utari, I Gusti Ayu Putri Dwi (2020) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Otoritatif Dengan Kecenderungan Adiksi Internet Pada Remaja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-9.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (30kB)

Abstract

Data menunjukkan bahwa individu usia 15-19 tahun sebanyak 91% menggunakan
internet. Masa remaja merupakan periode perubahan, remaja mengalami
perubahan diantaranya perubahan fisik, psikis, seksual, kognitif dan sosial.
Remaja yang berada pada periode perubahan rentan mengalami kecenderungan
adiksi internet. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan adiksi
internet adalah persepsi terhadap pola asuh otoritatif. Pola asuh orang tua adalah
salah satu faktor yang ada pada masa kanak-kanak dan remaja yang dapat
menentukan perilaku seseorang dimasa mendatang. Perilaku kecenderungan
adiksi internet yang merupakan salah satu perilaku yang dapat di kontrol dengan
penerapan pola asuh orang tua otoritatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh otoritatif dengan
kecenderungan adiksi internet pada remaja. Subjek penelitian ini adalah 100
subjek berusia 15-19 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan
negatif antara kecenderungan adiksi internet dengan persepsi terhadap pola asuh
otoritatif, serta hubungan keduanya merupakan korelasi yang sangat kuat (r =
-0,827 dengan p = 0,000 (< 0,05))

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan adiksi internet, persepsi terhadap pola asuh otoritatif, remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:36
Last Modified: 02 Feb 2022 05:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10050

Actions (login required)

View Item
View Item