Efektifitas Brain Gym® Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa/i Sekolah Dasar

Putri, Twiggi Rozananda Efektifitas Brain Gym® Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa/i Sekolah Dasar. Efektifitas Brain Gym® Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa/i Sekolah Dasar.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Brain Gym® terhadap peningkatan kemampuan menulis pada siswa/i kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas III Sekolah dasar dengan kategori kemampuan menulis sangat kurang dan kurang. Alat ukur yang digunakan untuk melihat skor kemampuan menulis adalah tes prestasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis Mann-Whitney U membuktikan bahwa (p=0,005<0,05), artinya terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis yang signifikan antar kelompok yang diberikan metode Brain Gym®. Selain itu, analisis data menggunakan Uji wilcoxon signed-rank test diketahui bahwa nilai Z = -2,521 (p< 0,05; nilai p= 0,012), artinya ada perbedaan antara tingkat kemampuan menulis pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan intervensi, dengan total sumbangan efektif sebesar 44,65%. Kesimpulannya, ada pengaruh metode Brain Gym® yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada siswa/i sekolah dasar

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Brain Gym®, Kemampuan Menulis, Siswa/i kelas III Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:58
Last Modified: 21 Jan 2022 06:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item
View Item