Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2019)

Kasa, Yohanes Baptista (2020) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dimoderasi Oleh Ukuran Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei Periode 2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (88kB)

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan merupakan faktor utama dan sangat penting dalam menilai kinerja perusahaan itu sendiri secara keseluruhan. Return on Asset (ROA) merupakan rasio untuk mengukur kinerja keuangan. Dimana ROA diartikan sebagai keefektifan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan asetnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019, menggunakan 35 sampel yang diperoleh dari 65 perusahaan dengan metode purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dewan komisaris dan direksi, variabel dependen yang digunakan adalah kinerja keuangan dan variabel moderasi yang digunakan adalah ukuran perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan Analisis Regresi Moderated dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan dan ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi hubungan antara dewan komisaris terhadap kinerja keuangan, ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi hubungan antara dewan direksi terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Tata kelola perusahaan yang baik, dewan komisaris, dewan direksi, komite audit, pengembalian aset, ukuran perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 08:11
Last Modified: 02 Feb 2022 08:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item
View Item