Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Keceme I Sleman)

Rumanti, Lina (2020) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Keceme I Sleman). Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-15.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini tentang Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SD Negeri Keceme I Sleman. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah SD Negeri Keceme I sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Keceme I Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai beberapa narasumber diantaranya : Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Bendahara BOS dan guru SD Negeri Keceme I Sleman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS sudah berjalan cukup baik, yaitu dengan adanya rapat APBS, RKAS dalam perencanaan dana BOS, kesesuaian aturan dan petunjuk teknis penggunaan dan pelaksanaan dana BOS dengan realisasinya, serta pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban kepada sekolah dan pemerintah. Fakta ini menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan proses pengelolaan dana BOS sesuai dengan aturan pemerintah atau petunjuk teknis dalam pengelolaannya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pengelolaan, Dana BOS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:10
Last Modified: 02 Feb 2022 07:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item
View Item