Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Industri Pengolahan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Iswantoro, Budy (2020) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Industri Pengolahan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan Industri Pengolahan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016 - 2018. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rasio keuangan yang meliputi profitabilitas, likuiditas dan leverage. Penelitian ini menggunakan 9 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2016 - 2018 dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Dari keseluruhan perusahaan sampel, diperoleh sebanyak 27 data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasikan melalui website Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan laporan keuangan, likuiditas berpengaruh secara negatif terhadap pengungkapan laporan keuangan, dan leverage berpengaruh secara negatif terhadap pengungkapan laporan keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, likuiditas, leverage, pengungkapan laporan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:48
Last Modified: 02 Feb 2022 08:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item
View Item