Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Online Shopping Pada Mahasiswa

Islamiyati, Siti Nur (2020) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Online Shopping Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk online shopping. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk online shopping pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berusia 18 tahun sampai 21 tahun dan dan sering melakukan pembelian melalui onlineyang berjumlah 85 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Skala Konformitas dan Skala Perilaku Konsumtif. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku konsumtif produk online shopping pada mahasiswa. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320 artinya variabel konformitas menunjukkan kontribusi 32% terhadap perilaku konsumtifdan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: konformitas, perilaku konsumtif produk online shopping
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:34
Last Modified: 24 Feb 2021 03:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item
View Item