Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Dengan School Well-Being Pada Siswa Smk X Di Yogyakarta

Kusumawati, Riris (2020) Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Dengan School Well-Being Pada Siswa Smk X Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal guru-siswa dan school well-being pada siswa SMK X. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being pada siswa SMK X di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Data dikumpulkan dengan skala school well-being dan skala komunikasi interpersonal guru-siswa. Hasil analisis korelasi product moment untuk variabel komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being menunjukkan (rxy) = 0,606 (p=0,0001). Hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru-siswa dengan school well-being pada siswa SMK X di Yogyakarta. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,367, artinya variabel komunikasi interpersonal guru-siswa memberikan kontribusi sebesar 36,7% sebagai variabel yang berhubungan dengan school well-being pada siswa SMK X di Yogyakarta. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa masih terdapat 63,3% pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa, School Well-being
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:56
Last Modified: 24 Feb 2021 03:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item
View Item