Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self-Awareness) Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sma

Safitri, Ferra July (2020) Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self-Awareness) Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa. Data dikumpulkan dengan skala kedisiplinan belajar dan skala kesadaran diri (self-awareness). Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi rxy = 0,316 dengan p= 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel kesadaran diri (self-awareness) dalam penelitian ini memiliki sumbangan efektif sebesar 10% terhadap variabel kedisiplinan belajar pada siswa SMA dan sisanya 90% berhubungan dengan variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kesadaran diri, kedisiplinan belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:39
Last Modified: 24 Feb 2021 04:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item
View Item