Safitri, Ferra July (2020) Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self-Awareness) Dengan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (45kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 116 siswa. Data dikumpulkan dengan skala kedisiplinan belajar dan skala kesadaran diri (self-awareness). Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi rxy = 0,316 dengan p= 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan positif antara kesadaran diri (self-awareness) dengan kedisiplinan belajar pada siswa SMA. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Variabel kesadaran diri (self-awareness) dalam penelitian ini memiliki sumbangan efektif sebesar 10% terhadap variabel kedisiplinan belajar pada siswa SMA dan sisanya 90% berhubungan dengan variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | kesadaran diri, kedisiplinan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 04:39 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 04:39 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10252 |