Hubungan Antara Persepsi Lingkungan Kerja Dengan Stress Kerja Pada Pengemudi Ojek Daring Di Masa Pandemi

Riyatwoko, Debik (2020) Hubungan Antara Persepsi Lingkungan Kerja Dengan Stress Kerja Pada Pengemudi Ojek Daring Di Masa Pandemi. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-10.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (69kB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi lingkungan kerja dengan stress kerja pada pengemudi ojek daring di masa pandemi. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara persepsi lingkungan kerja dengan stress kerja di masa pandemi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang memiliki ciri-ciri pengemudi ojek daring di masa pandemi dan memiliki masa kerja minimal satu tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, alat pengumpulan data menggunakan Skala Likert yaitu skala Persepsi Lingkungan Kerja dan Skala Stress Kerja. Hasil Analisa dengan uji korelasi product moment antara persepsi lingkungan kerja dengan stress kerja pada pengemudi ojek daring di masa pandemi menunjukkan nolai koefisien korelais (R)= -0,614 dengan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi lingkungan kerja dengan stress kerja. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,377 menunjukkan bahwa variabel persepsi lingkungan kerja memiliki kontribusi 37,7% terhadap stress kerja dan sisanya 62,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti peneliti.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustkaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: persepsi lingkungan kerja, stress kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:32
Last Modified: 04 Feb 2022 01:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item
View Item