Hubungan Antara Celebrity worship Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Penggemar Kpop Di Instagram

Ibadurruhama, Dzikrina Aulia Nailul Amani (2020) Hubungan Antara Celebrity worship Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Penggemar Kpop Di Instagram. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Dzikrina Aulia_16081037 - Copy.docx

Download (39kB)

Abstract

Fenomena cyberbullying banyak terjadi pada kalangan penggemar k-pop, salah satu pemicu terjadinya cyberbullying adalah celebrity worship. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara celebrity worship dengan perilaku cyberbullying pada penggemar k-pop di media instagram. Subjek penelitian ini didapatkan dengan menyebarkan skala kepada pengguna instagram yang mem-follow akun idol boyband/girlband official melalui grup atau khusus atau komunitas penggemar kpop melalui instagram, whatsapp, facebook dan twitter. Dari hasil penyebaran skala didapatkan subjek penelitian dengan jumlah 163 penggemar k-pop berusia 18-21 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Celebrity worship dan Skala Perilaku Cyberbullying. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy = 0,197 dengan taraf signifikansi sebesar p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara celebrity worship dengan perilaku cyberbullying. Semakin tinggi tingkat celebrity worship penggemar k-pop semakin tinggi pula tingkat perilaku cyberbullying-nya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Perilaku Cyberbullying, Celebrity worship, Penggemar K-pop, Instagram
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:00
Last Modified: 16 Mar 2021 03:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item
View Item