Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir

Prakoso, Paholo Iman (2020) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi(PAHOLO IMAN PRAKOSO-12082210).doc

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S2 program studi ilmu komputer yang sedang menyelesaikan tugas akhir sebanyak 40 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala efikasi diri dan prokrastinasi akademik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korealasi Product Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar r = -0,467 dan p = 0,001 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,218 bahwa efikasi diri mempengaruhi kecenderungan prokrastinasi akademik sebesar 21,8% dan sisanya 78.2% disebabkan oleh faktor lainnya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, prokrastinasi akademik, mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:27
Last Modified: 02 Mar 2021 04:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item
View Item