Analisis Perbedaan Return Saham Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Pariwisata Dan Perhotelan, Sebelum Dan Setelah Pengumuman Kedaruratan Covid-19 Di Indonesia (Studi Kasus Pada Industri Pariwisata Dan Perhotelan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Putra, Dyko Bayu (2021) Analisis Perbedaan Return Saham Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Pariwisata Dan Perhotelan, Sebelum Dan Setelah Pengumuman Kedaruratan Covid-19 Di Indonesia (Studi Kasus Pada Industri Pariwisata Dan Perhotelan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI (DYKO BAYU PUTRA - 17061178).docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara Return saham dan volume perdagangan saham sebelum dan setelah pengumuman kasus pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020 di perusahaan pariwisata dan perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data diperoleh dari situs web www.finance.yahoo.com dengan sampel 11 perusahaan. Periode observasi dalam penelitian ini adalah 60 hari yaitu 30 hari sebelum pengumuman Covid-19 dan 30 hari setelah penguman Covid-19 dari tanggal 20 Januari hingga 16 April 2020. Metode dalam penelitian ini adalah studi banding. Data dianalisis melalui Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengukur Return saham dan volume perdagangan saham. Hasil penelitian menunjukkan Return saham terdapat perbedaan sebelum dan setelah pengumuman kasus pertama Covid-19, dimana signifikan nilai variabelnya adalah 0,005478 <0,05, maka hipotesis pertama (H1) diterima dan H0 ditolak. Sedangkan, volume perdagangan saham terdapat perbedaan sebelum dan setelah pengumuman kasus pertama Covid-19, dimana signifikan nilai variabelnya adalah 0,000282 < 0,05, maka hipotesis kedua (H2) diterima dan H0 ditolak. Keterbatasan penelitian ini hanya mengamati satu objek penelitian. Selain itu, hanya membandingkan dua variabel. Kontribusi dalam perusahaan dapat melakukan inovasi teknologi dalam pengembangan strategi dalam pemasaran dengan cara digital dalam pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: pariwisata, Perhotelan, Covid-19
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:27
Last Modified: 27 Apr 2021 02:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item
View Item