PELATIHAN BERPIKIR OPTIMIS UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA DI PANTI ASUHAN

Pakpahan, Togarma Elprado (2020) PELATIHAN BERPIKIR OPTIMIS UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA DI PANTI ASUHAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Bab Satu]
Preview
Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab Dua] Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Tiga] Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Empat] Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab Lima]
Preview
Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis Full Text] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Remaja di panti asuhan cenderung memiliki harga diri yang rendah atau negatif karena tinggal di panti asuhan dan memiliki sudut pandang yang tidak realistis yang membuat mereka merasa tidak dihargai, lebih rendah dan berbeda dibandingkan remaja yang tinggal bersama dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan berpikir optimis dapat meningkatkan harga diri dan berpikir optimis remaja di panti asuhan Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode rancangan pretest-posttest group dengan menggunakan uji hipotesis U Mann-whitney dan Wilcoxon. Subyek penelitian adalah 10 orang remaja laki-laki dengan rentang usia 12-18 tahun dan pengambilan data menggunakan skala berpikir optimis serta skala harga diri. Hasil penelitian ini menunjukan (1) terdapat perbedaan skor harga diri dan skor berpikir optimis antara remaja panti asuhan yang mendapatkan pelatihan dengan remaja yang tidak mendapat pelatihan (Z = -2,514 dengan signifikansi 0,12 (p<0,05) pada harga diri dan skor Z= -2,305 dengan signifikansi 0,21 (p<0,05) dalam berpikir optimis). (2) Terdapat perubahan skor harga diri dan skor berpikir optimis setelah mendapatkan pelatihan pada kelompok eksperimen (Z sebesar -2,032 dengan signifikansi 0,042 (p< 0,05) pada harga diri dan berpikir optimis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan berpikir optimis efektif untuk meningkatkan berpikir optimis dan harga diri remaja panti asuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: pelatihan berpikir optimis; berpikir optimis; harga diri; remaja panti asuhan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:51
Last Modified: 23 Dec 2021 04:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item
View Item