Efektifitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Tecnique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Turang, Talenta Endah Wahyuningsih John (2020) Efektifitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Tecnique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Efektifitas Terapi Spiritual Emotional Freedom Tecnique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perngaruh spiritual emotional freedom technique (SEFT) terhadap penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Hipotesa dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kecemasan pada penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa spiritual emotional freedom technique (SEFT). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dengan tingkat kecemasan tinggi. Desain penelitian menggunakan desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala kecemasan pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 yang dibuat berdasarkan ciri-ciri kecemasan dari Nevid (2005). Pemberian perlakuan dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan analisis statistik non-paremetrik uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat perbedaan skor kecemasan pada kelompok subjek yang sama antara sebelum pemberian perlakuan dan setelah pemberian perilaku. Hasil uji dari Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 sebelum dan sesudah mengikuti spiritual emotional freedom technique (SEFT). Hal ini di dukung dengan hasil Z = -2.032, p = 0.042 (p < 0,05). Penurunan nilai mean sebelum dan sesudah perlakuan sebesar 23.80. Nilai mean sebelum perlakuan sebesar 46.80 dan nilai mean setelah perlakuan sebesar 23.00. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah spiritual emotional freedom technique (SEFT) dapat menjadi salah satu metode untuk mengurangi kecemasan pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: spiritual emotional freedom technique (SEFT), kecemasan, Diabetes Mellitus Tipe 2.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:36
Last Modified: 04 Feb 2022 04:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item
View Item