Hubungan Antara Grit Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu Di Universitas X Yogyakarta

Prakoso, Trio (2021) Hubungan Antara Grit Dengan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu Di Universitas X Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Trio Prakoso_15081050.doc

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan OCB pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Universitas X Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara grit dengan OCB. Subjek penelitian adalah mahasiswa di Universitas X Yogyakarta yang bekerja paruh waktu dan minimal telah bekerja selama 6 bulan sebanyak 120 subjek. Pengambilan subjek menggunakan sampling purporsive dengan data yang dikumpulkan menggunakan Skala Grit dan Skala OCB. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.675 dengan p = 0.000, sehinga hipotesis dapat diterima. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0.455. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel grit memberikan sumbangan efektif sebesar 45.5% terhadap variabel OCB dan sisanya 54.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti faktor persepsi keadilan, karakteristik kepemimpinan organisasi, dan lingkungan kerja.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: OCB, grit, mahasiswa yang bekerja paruh waktu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:48
Last Modified: 19 Apr 2021 02:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item
View Item