Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Suprapto, Didik Muhammad (2021) Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_ Didik M Suprapto_ 15081350_R11.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara efikasi diri akademik dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa fakultas psikologi UniversitasMercu Buana Yogyakarta. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik dan Skala Stres Akademik. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,858 (p = 000). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dan terbukti bahwa ada hubungan negatif antara efikasi diri akademik dengan stres akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Koefisien Determinasi (R2) = 0,736, maka sumbangan efektif efikasi diri akademik dengan kecenderungan rendahnya stres akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah sebesar 73,6%.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Stres akademik, efikasi diri akademik, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 May 2021 03:38
Last Modified: 10 May 2021 03:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11412

Actions (login required)

View Item
View Item