Hubungan Antara Pemaafan Dengan Psychological Well Being Pada Siswa Korban Bullying Di Sma “X”

Astutiningsi, Rahayu Dwi (2021) Hubungan Antara Pemaafan Dengan Psychological Well Being Pada Siswa Korban Bullying Di Sma “X”. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemaafan dengan psychological well being pada siswa korban bullying di SMA “X”. Hipotesis pada penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara pemaafan dengan psychological well being pada siswa korban bullying di SMA “X”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA korban bullying di Yogyakarta dan Riau. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 78 siswa SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Psychological Well Being dan Skala Pemaafan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy= 0.247 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,015 (p < 0.050), yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara pemaafan dengan psychological well being pada siswa korban bullying di SMA “X”. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukan koefesien determinasi (R²) yang memperoleh sumbangan efektif sebesar 0.061 atau 6,1% dari pemaafan untuk psychological well being dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti: perbedaan usia, perbedaan jenis kelamin, perbedaan budaya, kematangan karir, dan gratitude.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: psychological well being, pemaafan, siswa korban bullying di SMA “X”
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 20 May 2021 03:53
Last Modified: 20 May 2021 03:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item
View Item