Farid, Muhammad and Hastangka, Hastangka (2021) Model Pengembangan Pendidikan Pancasila untuk bidang Ilmu Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan, 9 (2). ISSN 2337-7607
4. Model Pengembangan pendidikan Pancasila di HI.pdf
Download (423kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah wajib umum yang menjadi bagian
penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi. Sebagai mata kuliah wajib umum,
pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa untuk memiliki dasar
dasar nilai berbangsa dan bernegara, pengetahuan tentang sistem nilai hidup berbangsa dan
bernegara, serta orientasi dan wawasan untuk menjadi bangsa Indonesia yang berjati diri
Pancasila. Mata kuliah Pancasila diberikan kepada seluruh mahasiswa lintas disiplin atau
bidang ilmu. Persoalan yang sering muncul, mata kuliah Pancasila terkadang belum
kontekstual dan relevan dalam bidang ilmu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengkaji dan menganalisis model pengembangan mata kuliah pendidikan Pancasila di bidang
ilmu hubungan Internasional. Metode penelitian ini merupakan kajian literatur dan studi
empirik model pengembangan pendidikan Pancasila pada bidang ilmu Hubungan
Internasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan
Pancasila pada bidang ilmu hubungan internasional dapat dilakukan dengan menghubungkan
materi Pancasila dengan isu isu strategis internasional melalui metode interaktif, dialog dan
studi kasus. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi pendidikan Pancasila
menjadi sangat relevan dan kontekstual dalam bidang ilmu hubungan internasional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, pendidikan, Pancasila, Hubungan internasional. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 04:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 04:24 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12021 |