Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma

Aditama, Ananta (2021) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Ananta Aditama_16081411.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala dan ada pun skala psikologis dalam penelitian ini yaitu skala konsep diri dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa nilai r sebesar -0,390 dengan p <0,01 menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Hipotesis penelitian tersebut diterima. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi atau (R2) sebesar 0,152 yang menunjukkan bahwa sumbangan intensitas dzikir terhadap kontrol diri sebesar 15,2%, sementara sisanya 84,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik, Konsep Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 08:53
Last Modified: 21 Jan 2022 02:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12199

Actions (login required)

View Item
View Item