Aditama, Ananta (2021) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
Naskah Publikasi_Ananta Aditama_16081411.docx
Download (44kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala dan ada pun skala psikologis dalam penelitian ini yaitu skala konsep diri dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa nilai r sebesar -0,390 dengan p <0,01 menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik. Hipotesis penelitian tersebut diterima. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi atau (R2) sebesar 0,152 yang menunjukkan bahwa sumbangan intensitas dzikir terhadap kontrol diri sebesar 15,2%, sementara sisanya 84,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi akademik, Konsep Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 08:53 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:05 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12199 |