Perancangan In Store Media dan Konten Kreatif Instagram Sebagai Inovasi Media Promosi UMKM Putri Wilis Madiun

Dewi, Karenina Meuthia (2021) Perancangan In Store Media dan Konten Kreatif Instagram Sebagai Inovasi Media Promosi UMKM Putri Wilis Madiun. Perancangan In Store Media dan Konten Kreatif Instagram Sebagai Inovasi Media Promosi UMKM Putri Wilis Madiun. pp. 1-8.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_Karenina_17071072.doc.docx

Download (15kB)

Abstract

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam pergerakan ekonomi masyarakat Indonesia. Pemerintah juga ikut andil dalam kemajuan industri UMKM dengan berupaya untuk memberi pelatihan dan juga modal bagi pelaku penggerak UMKM. Salah satu UMKM binaan dari pemerintah Kota Madiun yaitu UMKM Putri Wilis yang memiliki berbagai macam produk seperti Sirup Putri Wilis yang juga terdiri dari berbagai varian rasa.
Proses perancangan melalui tahapan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis SWOT, kemudian data tersebut dioleh dengan melakukan client brief, yang dilanjutkan dengan project brief. Tahapan penciptaan in store media dan konten kreatif Instagram dengan proses membuat layout gagasan, layout kasar, layout lengkap, final desain. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya berupa perangkat manual pensil, kertas, bulpoin, penghapus dan perangkat berupa laptop, handphone, dan kamera Canon EOS 700D. Serta perangkat lunak berupa program grafis Adobe Photoshop CS6 dan Microsoft Word. Proses finishing dilakukan dengan sistem digital printing.
Hasil dari perancangan media promosi Sirup Putri Wilis produksi dari UMKM Putri Wilis berupa label kemasan, hang tag produk, brosur, X-banner, dan juga konten kreatif Instagram. Konsep karya yang digunakan adalah minimalis dan futuristik dengan warna- warna yang identik dengan kesan menyegarkan. Target audience perancangan in store media dan konten kreatif Instagram ini adalah remaja hingga dewasa baik audience offline maupun online. Semua in store media digunakan saat mengikuti pameran maupun bazar.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Perancangan In Store Media, Konten Kreatif, Desain Kreatif.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2022 09:20
Last Modified: 31 Jan 2022 07:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item
View Item