Azimah, Ari (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (97kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar remaja pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah remaja dengan kriteria usia 17 tahun sampai dengan 21 tahun dengan jumlah 60 orang yang terdiri atas 10 orang remaja laki – laki dan 50 orang remaja perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat ukur berupa Skala Dukungan Sosial Orangtua, Skala Kemandirian Belajar. Teknis analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis korelasi product moment (Pearson correlation) dengan nilai koefisien korelasi (rxy) = 0.448 dengan nilai signifikan p = 0.000 (p < 0.50) yang artinya ada hubungan positif yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Remaja. Selanjutnya untuk koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0.201 yang menunjukkan bahwa variabel Dukungan Sosial Orang tua memiliki kontribusi 21% terhadap Kemandirian Belajar dan sisanya 79% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar remaja pada masa pandemi covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | dukungan sosial orangtua, kemandirian belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 05:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:51 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12369 |