Kinerja Reproduksi Pada Sapi Peranakan Ongole (Po) Dan Sapi Silangan Simmental Peranakan Ongole (Simpo) Di Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah

Pramono, Rifki Wibowo (2021) Kinerja Reproduksi Pada Sapi Peranakan Ongole (Po) Dan Sapi Silangan Simmental Peranakan Ongole (Simpo) Di Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penampilan reproduksi dari sapi PO dan sapi Simpo di Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2021, di Desa Bumi Kencana, Simpang Agung, Donoarum. Materi penelitian adalah peternak sapi PO dan sapi Simpo. Penilitan dilakukan dengan metode slovin jumlah sampel 100 ekor pengambilan sampel 50 ekor induk sapi PO dan 50 induk sapi Simpo.Variabel yang diamati yaitu karakteristik peternak, umur pertama kawin, calving interval dan service per conception (S/C). Data yang diperoleh ditabulasi dan dirata-rata kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitan menunjukkan usia peternak sapi PO 49,62 dan sapi Simpo 43,24 tahun; pekerjaan pokok peternak sapi PO didominasi oleh petani yaitu 86% dan peternak sapi Simpo yaitu 88%; pengalaman beternak peternak sapi PO 14,54 tahun dan peternak sapi Simpo 15,56 tahun; pendidikan peternak didominasi pada tingkat SD yaitu sapi PO 60% dan sapi Simpo 40%; konsumsi BK sapi PO yaitu 8,08 kg/UT/hari dan PK 0,54 kg/UT/hari; konsumsi BK sapi Simpo 11,27 kg/UT/hari dan PK 0,61 kg/UT/hari; umur pubertas sapi PO 22,8 bulan sapi Simpo 21,72 bulan; calving interval sapi PO 14,62 bulan dan sapi Simpo 13,62 bulan; service per conception sapi PO 1.7 kali dan sapi Simpo 1,4 kali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kinerja reproduksi sapi Simpo lebih baik jika di bandingkan dengan sapi PO di wilayah Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Kinerja Reproduksi, Sapi PO , Sapi Simpo, Kecamatan Seputih Agung, Kabupaten Lampung Tengah.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:13
Last Modified: 07 Feb 2022 02:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item
View Item