PENGARUH RASIO TAPIOKA DAN TEPUNG BERAS SERTA SUHU PENGERINGAN BUNGA TELANG TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN TINGKAT KESUKAAN CENDOL

Ambarningrum, Dwinita (2021) PENGARUH RASIO TAPIOKA DAN TEPUNG BERAS SERTA SUHU PENGERINGAN BUNGA TELANG TERHADAP SIFAT FISIK, KIMIA, DAN TINGKAT KESUKAAN CENDOL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
Bab 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
Bab V.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi lengkap OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cendol merupakan makanan khas Indonesia yang bahan dasarnya terbuat dari tepung beras. Cendol yang baik adalah cendol yang memiliki sifat tekstur kenyal, warna bening. Salah satu jenis bahan pengental atau pengenyal adalah tepung tapioka. Di dalam bunga telang terdapat kandungan antosianin yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan yang kaya akan antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan cendol berbahan dasar tepung tapioka dan tepung beras yang mempunyai sifat fisik, kimia yang memenuhi syarat dan disukai panelis. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dan menentukan variasi substitusi tepung tapioka, tepung beras dan suhu pengeringan bunga telang terhadap sifat fisik, kimia, dan tingkat kesukaan panelis.
Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan dua faktor yaitu rasio tapioka, tepung beras 25:75, 50:50, dan 75:25% dan variasi suhu pengeringan bunga telang 50, 60, dan 70°C. Bunga telang kering yang digunakan 5 g setiap sampel. Pengujian pada cendol yang dihasilkan terdiri atas: warna, sineresis. Pengujian tingkat kesukaan terdiri atas: warna, aroma, rasa, tekstur, dan keseluruhan. Pengujian kimia terdiri atas: kadar air, kadar pati, dan aktivitas antioksidan. Data yang diperoleh diuji menggunakan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada tingkat kepercayaan α = 5% dan varian ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rasio tapioka dan tepung beras serta suhu pengeringan bunga telang berpengaruh nyata terhadap sifat fisik dan tingkat kesukaan cendol. Cendol terbaik berdasarkan parameter tingkat kesukaan warna, aroma, rasa, tekstur, dan keseluruhan adalah cendol dengan rasio tepung tapioka, tepung beras 75:25 dan suhu pengeringan bunga telang 50°C. Cendol yang dihasilkan mempunyai sifat fisik warna dengan tingkat kecerahan 36,44±5,66 dan sineresis 11,19±0,76. Sifat kimia cendol yang dihasilkan memiliki kadar air 74,23%, kadar pati 24,29%, dan aktivitas antioksidan 3,52% RSA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: cendol, bunga telang, sifat fisik, kimia, kesukaan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:09
Last Modified: 04 Feb 2022 06:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item
View Item