HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA AKHIR

Embang, Agnes Pangapoi (2021) HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA AKHIR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSOI FULL TEKS] Text (SKRIPSOI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan kecanduan game online pada remaja akhir. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kesepian dengan kecanduan game online pada remaja akhir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 remaja akhir usia 17-21 tahun bermain game online minimal 12 bulan. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecanduan game online (Internet Gaming Disorder Scale-9 Short Form) dan skala kesepian (De Jong Gierveld Loneliness Scale). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,663 dengan p = 0,000 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kesepian dengan kecanduan game online pada remaja akhir. Koefisien determinasi (R^2) antara kesepian dengan kecanduan game online sebesar 0,439 menunjukkan bahwa variabel kesepian memiliki kontribusi 43,9% terhadap kecanduan game online, dengan demikian 56,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, kesepian, remaja akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:03
Last Modified: 11 Jan 2022 06:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item
View Item