HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

Sembiring, Frensisca Rafenny Natalia (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI SOSIAL DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB  I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of COVER & LAMPIRAN.pdf] Text
COVER & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial dengan kecanduan game online pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kompetensi sosial dengan kecanduan game online pada remaja. Subjek penelitian ini adalah remaja yang berada pada rentang usia 19-20 tahun sebanyak 50 subjek (41 subjek pria dan 9 subjek wanita). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Kompetensi Sosial dan Skala Kecanduan Game Online. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara kompetensi sosial dengan kecanduan game online pada remaja, yaitu (rxy = -0,741; p < 0,01). Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif antara kompetensi sosial dengan kecanduan game online pada remaja. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Semakin tinggi tingkat kompetensi sosial maka kecanduan game online pada remaja semakin rendah, sebaliknya semakin rendah tingkat kompetensi sosial maka kecanduan game online pada remaja semakin tinggi.
kata kunci: kompetensi sosial, kecanduan game online, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Kondang Budiyani, MA.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 30 Nov 2017 05:54
Last Modified: 18 Aug 2022 02:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item
View Item