Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19

Pramesti, Rafa Ainindita (2021) Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
16081735_Rafa Ainindita Pramesti_Kelas R3_Naskah Publikasi.doc

Download (81kB)

Abstract

Mahasiswa berada pada kelompok usia remaja akhir dan dewasa dini, suatu fase yang dianggap penuh dengan berbagai masalah dan tekanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan resiliensi pada mahasiswa selama pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah, terdapat hubungan yang positif antara regulasi emosi dengan resiliensi pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 112 mahasiswa yang menggunakan metode daring dalam perkuliahan. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi dan skala resiliensi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = 0,649, menunjukkan adanya hubungan yang positif antara regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan keofisien determinasi (R²) dalam penelitian ini sebesar 0.421, hal ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif regulasi emosi terhadap resiliensi sebesar 42.1%, sedangkan sisanya sebesar 57.9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, resiliensi, mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:30
Last Modified: 13 Jan 2022 06:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item
View Item