HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU

Silvastiani, Cita (2021) HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABTRAK]
Preview
Text (ABTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
FULL SKRIPSI_CITA SILVASTIANI_17081058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan regulasi emosi pada mahasiswa baru atau tahun pertama perkuliahan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara stres akademik dengan regulasi emosi pada mahasiswa baru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 102 mahasiswa tahun pertama di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Cara pengambilan data menggunakan metode skala. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala SSI dan Skala DERS-16. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0.778 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara stres akademik dengan regulasi emosi. Pada uji koefisien determinasi nilai (R2) sebesar 0.606 menunjukan kontribusi variabel regulasi emosi sebesar 60.6% terhadap stres akademik sedangkan 39.4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor internal terdiri dari self-efficacy, hardiness, optimisme, motivasi berprestasi, dan prokrastinasi, sedangkan faktor eksternal terdiri dari dukungan sosial orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: stres akademik, regulasi emosi, korelasi product moment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:32
Last Modified: 13 Jan 2022 06:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item
View Item