Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru

Silvastiani, Cita (2021) Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Baru. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_17081058_CITA SILVASTIANI_R13.docx

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan regulasi emosi pada mahasiswa baru atau tahun pertama perkuliahan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara stres akademik dengan regulasi emosi pada mahasiswa baru. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 102 mahasiswa tahun pertama di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Cara pengambilan data menggunakan metode skala. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala SSI dan Skala DERS-16. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0.778 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara stres akademik dengan regulasi emosi. Pada uji koefisien determinasi nilai (R2) sebesar 0.606 menunjukan kontribusi variabel regulasi emosi sebesar 60.6% terhadap stres akademik sedangkan 39.4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya faktor internal terdiri dari self-efficacy, hardiness, optimisme, motivasi berprestasi, dan prokrastinasi, sedangkan faktor eksternal terdiri dari dukungan sosial orangtua.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: stres akademik, regulasi emosi, korelasi product moment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:31
Last Modified: 13 Jan 2022 06:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12772

Actions (login required)

View Item
View Item