Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Pada Remaja Yang Mengalami Kehilangan Akibat Kematian Orang Tua

Pratiwi, Indah (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Pada Remaja Yang Mengalami Kehilangan Akibat Kematian Orang Tua. Nakah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi pada remaja yang mengalami kehilangan akibat kematian orang tua. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi pada remaja yang mengalami kehilangan akibat kematian orang tua. Subjek dalam penelitian ini adalah 80 remaja berusia 12-18 tahun yang mengalami kehilangan akibat kematian orang tua, baik ayah atau ibu maupun keduanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya dan skala resiliensi, metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis product moment dari Pearson. Hasil analisis data diperoleh hasil korelasi sebesar rxy0.806 dengan signifikansi 0.000 (p < 0.05) yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi pada remaja yang mengalami kehilangan akibat kematian orang tua. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyatakan bahwa hipotesis terbukti. Variabel dukungan sosial teman sebaya dalam penelitian ini memberikan sumbangan sebesar 64.9% terhadap resiliensi pada remaja yang mengalami kehilangan akibat kematian orang tua secara efektif.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Resiliensi, kehilangan, kematian orangtua
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:44
Last Modified: 04 Feb 2022 05:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item
View Item