Weise, Addel (2021) Pengaruh Menulis Catatan Harian Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Pada Mahasiswa. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
Naskah Publikasi.docx
Download (58kB)
Abstract
Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu untuk mengembangkan kualitas unggul dalam segala aspek, salah satunya adalah kesadaran diri. Kesadaran diri dapat ditingkatkan melalui banyak cara, salah satunya adalah menulis catatan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Menulis Catatan Harian untuk meningkatkan kesadaran diri pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat perbedaan tingkat kesadaran diri mahasiswa sebelum dengan sesudah perlakuan Menulis Catatan Harian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 mahasiswa yang sudah disesuaikan dengan karakteristik subjek penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Kesadaran Diri berdasarkan aspek dari Sutton (2016). Modul Pelatihan Menulis Catatan Harian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu dan mendasarkan pada modul dari Adams (1990). Metode analisis yang digunakan adalah analisis non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian menunjukkan nilai Z = -2,201 dengan p = 0,028 (p < 0,050), yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kesadaran diri mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Menulis Catatan Harian. Kesadaran diri mahasiswa sesudah pemberian perlakuan Menulis Catatan Harian lebih tinggi daripada kesadaran diri mahasiswa sebelum pemberian perlakuan Menulis Catatan Harian. Berdasarkan pernyataan di atas, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | kesadaran diri, mahasiswa, menulis catatan harian, buku harian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:23 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13209 |