Bita, Approve (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Rantau Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI (APPROVE BITA_17081424).docx
Download (54kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa rantau di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa rantau di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 105 subjek, yaitu mahasiswa aktif minimal semester 3 di Yogyakarta dengan rentang usia 18-25 tahun. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Dukungan Sosial dan Skala Motivasi Berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Product Moment. Hasil uji korelasi untuk variabel dukungan sosial dengan motivasi berprestasi menunjukkan rxy = 0,580 dengan p = 0,000 (p<0,050. Artinya semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan maka motivasi berprestasi mahasiswa rantau di Yogyakarta cenderung tinggi, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial yang diberikan maka motivasi berprestasi mahasiswa rantau di Yogyakarta cenderung rendah. Berdasarkaan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi diterima. Koefisien determinasi (R²) yang diperoleh sebesar 0,337 yang artinya variabel dukungan sosial berkontribusi terhadap motivasi berprestasi sebesar 33,7% dan sisanya 66,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | dukungan sosial, motivasi berprestasi, mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:22 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13222 |