PENGARUH MENULIS CATATAN HARIAN (JOURNALING) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS) PADA MAHASISWA

Weise, Addel (2021) PENGARUH MENULIS CATATAN HARIAN (JOURNALING) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI (SELF-AWARENESS) PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu untuk mengembangkan kualitas unggul dalam segala aspek, salah satunya adalah kesadaran diri. Kesadaran diri dapat ditingkatkan melalui banyak cara, salah satunya adalah menulis catatan harian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Menulis Catatan Harian untuk meningkatkan kesadaran diri pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat perbedaan tingkat kesadaran diri mahasiswa sebelum dengan sesudah perlakuan Menulis Catatan Harian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 mahasiswa yang sudah disesuaikan dengan karakteristik subjek penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Kesadaran Diri berdasarkan aspek dari Sutton (2016). Modul Pelatihan Menulis Catatan Harian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu dan mendasarkan pada modul dari Adams (1990). Metode analisis yang digunakan adalah analisis non parametrik yaitu Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian menunjukkan nilai Z = -2,201 dengan p = 0,028 (p < 0,050), yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kesadaran diri mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa Menulis Catatan Harian. Kesadaran diri mahasiswa sesudah pemberian perlakuan Menulis Catatan Harian lebih tinggi daripada kesadaran diri mahasiswa sebelum pemberian perlakuan Menulis Catatan Harian. Berdasarkan pernyataan di atas, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kesadaran diri, mahasiswa, menulis catatan harian, buku harian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:32
Last Modified: 10 Jan 2022 06:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13281

Actions (login required)

View Item
View Item