Aditia, Derisma (2021) Adaptabilitas Karier Pada Guru Honorer Di Era Disrupsi Pendidikan. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.
NASKAH PUBLIKASI_DERISMA ADITIA_17081241.docx
Download (34kB)
Abstract
Era disrupsi ini, sistem pendidikan menjadi aspek yang terdampak dan mengalami pergeseran dalam elemen-elemen pembelajaran. Era disrupsi pendidikan menyebabkan adanya perubahan di setiap aspek pendidikan, baik sistem, administratif, maupun teknis dalam pembelajaran. Dengan demikian, adaptabilitas karier menjadi elemen yang dibutuhkan individu pada situasi saat ini (Ramdhani & Kiswanto, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi gambaran adaptabilitas karier pada guru honorer di era disrupsi pendidikan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana adaptabilitas karier pada guru honorer di era disrupsi pendidikan? Penelitian ini Subjek penelitian ini adalah 100 orang guru honorer dengan kriteria yang telah ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyusun skala adaptabilitas karier yang dikonstruksikan oleh peneliti berdasarkan konsep adaptabilitas karier miliki Savickas dan Porfeli (2011). Metode analisis data yang ditetapkan yaitu uji statistik deskriptif dan kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 82% subjek memiliki adaptabilitas karier tinggi dan 18% subjek memiliki adaptabilitas karier yang sedang. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan adaptabilitas karier berdasarkan usia dan pengalaman mengajar. Guru yang berusia lebih tinggi memiliki tingkat adaptabilitas yang tinggi pula. Guru dengan pengalaman mengajar yang tinggi juga memiliki tingkat adaptabilitas karier yang tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi usia dan pengalaman mengajar berpengaruh pada tingkat adaptabilitas pada guru honorer.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Adaptabilitas Karier, Guru Honorer, Disrupsi Pendidikan, Karier. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:50 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13447 |