Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Pakaian Secara Online Pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Deborah, Monalisa Indah (2021) Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Pakaian Secara Online Pada Mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
17081588_Monalisa Indah Deborah_13F4_Naskah Publikasi.doc

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan remaja putri, yang termasuk dalam tahap perkembangan remaja akhir yang mudah dipengaruhi oleh teman sebaya dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian produk pakaian secara online pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif secara online terhadap produk pakaian pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18 tahun sampai 21 tahun yang berjumlah 85 mahasiswi. Pengambilan subjek menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Skala Konformitas dan Skala Perilaku Konsumtif Secara Online. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil koefisien korelasi (rxy) = 0,758 (p = 0,000). Hasil tersebut menunjukan bahwa ada hubungan yang positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif pembelian produk pakaian secara online pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kontribusi konformitas terhadap perilaku konsumtif produk pakaian secara online pada mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki sumbangan efektif sebesar 57,5% dan 42,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada mahasiswi dalam pengendalian diri terkait pembelian online suatu produk pakaian agar dapat mengutamakan kebutuhan di atas keinginan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: : konformitas, perilaku konsumtif secara online, produk pakaian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:54
Last Modified: 26 Jan 2022 08:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item
View Item