Merdekawati, Aisyah (2021) Dukungan Keluarga Pada Anak Autis yang Memiliki Prestasi Non Akademik. Dukungan Keluarga Pada Anak Autis yang Memiliki Prestasi Non Akademik. pp. 1-14.
Naskah Publikasi.docx
Download (35kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga pada anak autis yang memiliki prestasi non akademik. autism adalah salah satu dari tuna grahita, merupakan gangguan perkembangan yang di golongkan sebagai gangguan perkembangan pevasive. Pada peneliian ini dukungan keluarga menjadi salah satu peran terpening. Dukungan keluarga didefinisikan sebagai suatu hubungan interpersonal yng dapat memberikan rasa aman, nyaman, cinta dan empati, dukungan instrumental, informasi dan penilaian. Pertanyaan pennelitian yang diajukan dalam penelitian yaitu bagaimana dukungan keluarga pada anak autis yang memiliki prestasi non akademik. adapun dalam penelitian ini melibatkan dua orang partisipan yang memiliki anak autis berprestasi non akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan tiga metode yaitu yang pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek memberikan dukungan keluarga kepada anak autis tersebut. Memenuhi 4 aspek dari dukugan keluarga yaitu dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan penilaian, sehingga dapat dilihat anak autis tersebut memiliki perkembangan yang positif dan bisa mendapatkan prestasi di bidang non akademik
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | Autisme, Dukungan Keluarga, Prestasi non akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:24 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:24 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13464 |