Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Semester Awal Yang Merantau

Kuncoro, Chandrika Yusmiar (2021) Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Anak Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Semester Awal Yang Merantau. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
17081699_Chandrika Yusmiar Kuncoro_Reguler Pagi_Naskah Publikasi.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan regulasi emosi pada mahasiswa semester awal yang merantau. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara komunikasi interpersonal orang tua-anak dengan regulasi emosi pada mahasiswa semester awal yang merantau. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 75 mahaiswa semester awal yang merantau, yang terdiri dari 44 orang laki-laki (58,7) dan 31 perempuan (41,7). Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala komunikasi interpersonal orantua-anak yang dimodifikasi dari penelitian Meilianingrum (2014) dan regulasi emosi yang dimodifikasi dari skala Difficulties Emotion Regulation Scale (DERS). Teknis analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy)= 0.473 (p < 0.01). Dari hasil perhitungan nilai determinasi (R2) diketahui kontribusi komunikasi interpersonal orang tua-anak terhadap regulasi emosi yaitu sebesar 22,3% sedangkan 77,7% yang mempengaruhi regulasi emosi pada mahasiswa semester awal yang merantau dipengaruhi oleh faktor lainnya

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal orang tua-anak dan regulasi emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:33
Last Modified: 19 Jan 2022 04:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13582

Actions (login required)

View Item
View Item