Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja Perempuan Pengguna Media Sosial

Wulandari, Meyti (2021) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja Perempuan Pengguna Media Sosial. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Ide Bunuh Diri Pada Remaja Perempuan Pengguna Media Sosial. pp. 1-19.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI_ MEYTI WULANDARI_ 17081252.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI_ MEYTI WULANDARI_ 17081252.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan ide bunuh diri pada remaja perempuan pengguna media sosial. Hipotesis dalam penelitian yaitu terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan ide bunuh diri pada remaja perempuan pengguna media sosial. Subjek penelitian ini berjumlah 114 subjek yang merupakan remaja perempuan pengguna media sosial dengan rentang usia 15-18 tahun. Pengambilan data menggunakan teknik Snowball Sampling dan dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial dan skala ide bunuh diri yang disusun oleh peneliti. Metode analisis yang digunakan adalah Pearson Correlation Product Moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi sebesar r = -0,200 dengan p< 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan ide bunuh diri pada remaja perempuan pengguna media sosial. Penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,040 yang artinya sumbangan dukungan sosial terhadap kecendrungan rendahnya ide bunuh diri sebesar 4% dan 96% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, ide bunuh diri, remaja perempuan pengguna media sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:10
Last Modified: 13 Jan 2022 04:10
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13620

Actions (login required)

View Item
View Item