Hubungan Antara Locus Of Control Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Nante, Sherly Ronop Megi Dara (2021) Hubungan Antara Locus Of Control Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Sherly Ronop Megi Dara Nante_17081711.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dengan coping stress pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara locus of control dengan coping stress pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 109 mahasiswa, yang terdiri dari 30 orang laki- laki (27.55%) dan 79 orang perempuan (72.5%). Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala locus of control dan skala coping stress. Teknik analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0.884** (p < 001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara locus of control dengan coping stress. Dari hasil perhitungan nilai determinasi (R2) diketahui kontribusi locus of control terhadap coping stress yakni sebesar 78,14%. Sedangkan 21,86% yang mempengaruhi coping stress pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: locus of control dan coping stress
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:03
Last Modified: 21 Jan 2022 01:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item
View Item