Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Permisif Orangtua Dengan Disiplin Belajar Pada Remaja

Tia, Nab’ah Isti (2021) Hubungan Antara Persepsi Pola Asuh Permisif Orangtua Dengan Disiplin Belajar Pada Remaja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Nab'ah Isti Tia_15081306.doc

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh permisif orangtua dengan disiplin belajar pada remaja. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah, ada hubungan negatif antara persepsi pola asuh permisif orangtua dengan disiplin belajar pada remaja. Subjek dalam penelitian ini bejumlah 103 remaja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala disiplin belajar dan skala persepsi pola asuh permisif orangtua. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data product moment pearson. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi = -0.745 (p < 0.000), yang berarti terdaapat hubungan yang negatif antara persepsi pola asuh permisif orangtua dengan disiplin belajar pada remaja. Nilai koefisien determinasi R2=0,556 yang berarti sumbangan efektif persepsi pola asuh permisif orangtua adalah sebesar 56,6% dengan demikian 44,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu, anak itu sendiri, sikap pendidik, dan lingkungan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Pola Asuh Permisif, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:54
Last Modified: 14 Jan 2022 03:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13865

Actions (login required)

View Item
View Item