PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth) DAN LAMA PERENDAMAN DAGING KAMBING TERHADAP SIFAT KIMIA, FISIK, TINGKAT KESUKAAN NUGGET

Adami, Shabta (2021) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN KENIKIR (Cosmos caudatus Kunth) DAN LAMA PERENDAMAN DAGING KAMBING TERHADAP SIFAT KIMIA, FISIK, TINGKAT KESUKAAN NUGGET. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI TATA fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Daging kambing merupakan salah satu bahan pangan asal ternak hewani yang sangat bermanfaat bagi manusia, karena memiliki nilai gizi yang tinggi yaitu kaya akan protein, lemak, vitamin dan mineral. Daging kambing bergizi tinggi, namun tekstur daging kambing keras dan alot serta baunya yang khas sehingga membatasi bentuk pengolahannya. Hal ini mempengaruhi penerimaan masyarakat untuk mengkonsumsi daging kambing. Salah satu tanaman yang mengandung enzim protease yaitu kenikir (cosmos caudatus kunth). Oleh karena itu perlu dilakukan perendaman daging kambing dalam ekstrak daun kenikir pada pengolahan nugget untuk mengempukkan daging. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh konsentrasi ekstrak kenikir dan lama perendaman terhadap sifat kimia, fisik dan tingkat kesukaan nugget daging kambing.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dua faktor yaitu konsentrasi kenikir (15%, 20%, 25%) dan lama perendaman (45 menit dan 60 menit). Analisis kimia nugget kambing meliputi kadar air, abu dan protein. pengujian fisik nugget meliputi daya ikat, susut masak, tekstur, dan warna. Sifat organoleptik diuji berdasarkan tingkat kesukaan. Data yang diperoleh dianalisis statistik dengan tingkat kepercayaan 95% dan dilanjutkan Duncan Multiple Range Test (DMRT) jika terdapat perbedaan nyata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kenikir dan lama perendaman berpengaruh nyata terhadap sifat kimia, fisik dan tingkat kesukaan nugget daging kambing. Penentuan sifat kimia dan fisik berdasarkan nugget paling disukai yaitu pada perlakuan 15% dengan lama perendaman 45 menit. Hasil kadar air nugget yaitu sebesar 61,02 (%bb), kadar abu sebesar 3,93 (%bb), protein sebesar 14,33 (%bb). Sifat fisik daya ikat air sebesar 60,11 (%), susut masak sebesar 6,69 (%), tekstur sebesar 523,45 (g), warna berdasarkan kecerahan terbaik 46,71 (L) yaitu tidak terlalu hijau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Daging kambing, nugget, kenikir, enzim
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:13
Last Modified: 20 Jan 2022 02:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item
View Item