Pengaruh Penambahan Ekstrak Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) Dan Susu Terhadap Warna, Aktivitas Antioksidan Dan Tingkat Kesukaan Puding Susu

Sari, Ratna (2021) Pengaruh Penambahan Ekstrak Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) Dan Susu Terhadap Warna, Aktivitas Antioksidan Dan Tingkat Kesukaan Puding Susu. Naskah Publikasi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Ratna Sari_17031029.docx

Download (36kB)

Abstract

Puding susu bunga telang merupakan produk olahan makanan yang sudah siap saji yang terbuat dari agar–agar yang kemudian dimodifikasi dengan adanya penambahan susu dan ekstrak bunga telang untuk menambah kesan menarik pada produk puding. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kandungan aktivitas antioksidan pada puding susu bunga telang dengan variasi penambahan bunga telang dan variasi penambahan susu.
Pembuatan puding susu bunga telang dengan menggunakan variasi penambahan bunga telang dengan konsentrasi 20, 50, dan 75% dan variasi penambahan susu dengan konsentrasi 1%, 2,5%, dan 37,5%. Puding susu yang dihasilkan dianalisa warna, aktivitas antioksidan, serta tingkat kesukaan. Uji tingkat kesukaan meliputi warna, rasa, dan keseluruhan. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap faktorial. Hasil yang diperolah dilakukan analisa varian pada tingkat kepercayaan 95%, apabila terdapat beda nyata pada masing – masing perlakuan dilanjutkan uji Duncan Multiple Range Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi penambahan bunga telang 20, 50, dan 75% dan pencampuran variasi penambahan susu sebanyak 1%, 2,5%, dan 37,5% mempengaruhi warna, aktivitas antioksidan dan tingkat kesukaan panelis. Puding susu dengan aktivitas antioksidan terbaik adalah puding dengan perlakuan variasi penambahan bunga telang sebanyak 50% dan variasi penambahan susu sebanyak 37,5% dengan nilai aktivitas antioksidan sebesar 4926,16 mg/L. Sedangkan puding yang disukai panelis yaitu sampel dengan perlakuan variasi penambahan bunga telang sebanyak 75% dan variasi penambahan susu sebanyak 2,5%. Puding susu dengan warna tertinggi L* 38,44; a* 3,55; b* -6,66.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: puding, susu, bunga telang, variasi penambahan, antioksidan, warna, tingkat kesukaan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:28
Last Modified: 14 Jan 2022 03:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13972

Actions (login required)

View Item
View Item