Pauji, Pauji (2021) Dinamika Psikologi Efikasi Diri Akademik Dengan School Well Being. Dinamika Psikologi Efikasi Diri Akademik Dengan School Well Being. pp. 1-7.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (610kB)
Abstract
Sekolah merupakan sebuah lembaga yang dalam prosesnya memiliki suatu sistem yang bertujuan untuk pendidikan. Lingkungan belajar diharapkan dapat mensejahterakan siswa, sehingga dalam mengikuti proses pembelajaran siswa dapat berkembang secara optimal serta mendapatkan hasil yang terbaik. Keyakinan pribadi yang berhubungan dengan kemampuan akademik mampu membentuk harapan serta hasil yang mengindikasikan adanya kepuasan hidup pada individu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri akademik dengan school well being. Subjek berjumlah 125 siswa di Cilacap, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrument Skala dengan jenis Skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan koefisien Cronbach’s Alpha efikasi diri akademik 0,815 dan school well being 0,892. Analisa data menggunakan analisa korelasi product moment. Hasil membuktikan bahwa terdapat hubungan efikasi diri akademik dengan school well being, koefisien korelasi 0,693 (p<0,01) semakin tinggi efikasi diri akademik maka semakin tinggi school well being siswa. Efikasi diri akademik dapat memprediksi school well being sebesar 52,1% sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri Akademik, School Well Being |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 08:17 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 08:17 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14118 |