HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN SWALAYAN DI YOGYAKARTA

Susilo, Margaret Felicia (2021) HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN SWALAYAN DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semenjak dunia memasuki era globalisasi, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di pasar modern (swalayan) ketimbang pasar tradisional. Hal ini membuat bisnis retail bertumbuh dengan pesat. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin maju dan dunia pasar di warnai oleh bisnis online, akan tetapi eksistensi bisnis retail belum juga redup. Bisnis retail merupakan kegiatan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan perseorangan, keluarga, rumah tangga, dimana mereka sebagai konsumen akhir. Pasar Modern adalah salah satu jenis bisnis ritel dalam bentuk pasar yang diperkenalkan pada era 1970-an, tempat penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga (termasuk kebutuhan sehari-hari), dimana penjualan dilakukan secara eceran dengan cara swalayan (konsumen mengambil sendiri barang dari rak dagangan dan membayar ke kasir). Dalam bisnis retail, aset yang sangat penting untuk pengembangan dan pencapaian tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia (karyawan). Karyawan diharapkan dapat menjamin kelancaran penyelenggaraan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan swalayan di Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 75 karyawan swalayan yang memiliki karakteristik minimal masa kerja 1 tahun. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Organizational Citizenship Behavior yang disusun sendiri oleh peneliti dan Skala Perceived Organizational Support yang diadaptasi dari skala asli milik Eisenberger dari University of Delaware. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,646 dengan p<0,01 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: swalayan, karyawan, organizational citizenship behavior, perceived organizational support
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:50
Last Modified: 14 Jan 2022 07:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item
View Item