Susilo, Margaret Felicia (2021) HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN SWALAYAN DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (52kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (148kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (204kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (53kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Semenjak dunia memasuki era globalisasi, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berbelanja di pasar modern (swalayan) ketimbang pasar tradisional. Hal ini membuat bisnis retail bertumbuh dengan pesat. Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin maju dan dunia pasar di warnai oleh bisnis online, akan tetapi eksistensi bisnis retail belum juga redup. Bisnis retail merupakan kegiatan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan perseorangan, keluarga, rumah tangga, dimana mereka sebagai konsumen akhir. Pasar Modern adalah salah satu jenis bisnis ritel dalam bentuk pasar yang diperkenalkan pada era 1970-an, tempat penjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga (termasuk kebutuhan sehari-hari), dimana penjualan dilakukan secara eceran dengan cara swalayan (konsumen mengambil sendiri barang dari rak dagangan dan membayar ke kasir). Dalam bisnis retail, aset yang sangat penting untuk pengembangan dan pencapaian tujuan perusahaan adalah sumber daya manusia (karyawan). Karyawan diharapkan dapat menjamin kelancaran penyelenggaraan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior pada karyawan swalayan di Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 75 karyawan swalayan yang memiliki karakteristik minimal masa kerja 1 tahun. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Skala Organizational Citizenship Behavior yang disusun sendiri oleh peneliti dan Skala Perceived Organizational Support yang diadaptasi dari skala asli milik Eisenberger dari University of Delaware. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,646 dengan p<0,01 (p<0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara Perceived Organizational Support dengan Organizational Citizenship Behavior.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | swalayan, karyawan, organizational citizenship behavior, perceived organizational support |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 07:50 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 07:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14125 |