DIMENSI PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN WAG (WHATSAPP GROUP) DIMASA PANDEMI COVID-19

Fitri, Umi Riana (2021) DIMENSI PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DENGAN WAG (WHATSAPP GROUP) DIMASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Skripsi-Umi Riana Fitri-17141012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi pemahaman matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan WAG (WhatsApp Group) pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 2 Nanggulan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata dari perolehan skor responden akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Kemudian data kuantitatif yang ada dianalisis lebih lanjut untuk dimensi pemahaman matematis dengan menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis) berbantuan program LISREL (Linier Structural Relationship). Proses analisa dilakukan dua kali, yaitu analisis awal dan analisis ulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa tergolong dalam kategori sedang berdasarkan dimensi: (a) Menginterpretasikan, (b) Memberikan contoh, (c) Mengklasifikasikan, (d) Merangkum, (e) Menduga, (f) Membandingkan, dan (g) Menjelaskan, semua indikator tersebut berkontribusi atau dapat menjelaskan dimensi pemahaman matematis dengan baik. Merangkum merupakan indikator yang paling dominan atau terbesar dalam memengaruhi pemahaman matematis selama pembelajaran matematika daring atau online dimasa pandemi covid-19. Pemahaman matematis siswa ialah kemampuan yang diperlukan siswa dalam belajar matematika agar dapat mencapai tujuan pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Dimensi, Pemahaman Matematis, WhatsApp Group, Lisrel.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:13
Last Modified: 19 Jan 2022 03:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item
View Item