Fitri, Umi Riana (2021) Dimensi Pemahaman Matematis Siswa Dengan Wag (Whatsapp Group) Dimasa Pandemi Covid-19. Naskah Publikasi Program Studi Matematika.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (147kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi pemahaman matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan WAG (WhatsApp Group) pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 2 Nanggulan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata dari perolehan skor responden akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Kemudian data kuantitatif yang ada dianalisis lebih lanjut untuk dimensi pemahaman matematis dengan menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis) berbantuan program LISREL (Linier Structural Relationship). Proses analisa dilakukan dua kali, yaitu analisis awal dan analisis ulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa tergolong dalam kategori sedang berdasarkan dimensi: (a) Menginterpretasikan, (b) Memberikan contoh, (c) Mengklasifikasikan, (d) Merangkum, (e) Menduga, (f) Membandingkan, dan (g) Menjelaskan, semua indikator tersebut berkontribusi atau dapat menjelaskan dimensi pemahaman matematis dengan baik. Merangkum merupakan indikator yang paling dominan atau terbesar dalam memengaruhi pemahaman matematis selama pembelajaran matematika daring atau online dimasa pandemi covid-19. Pemahaman matematis siswa ialah kemampuan yang diperlukan siswa dalam belajar matematika agar dapat mencapai tujuan pembelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 1 |
Uncontrolled Keywords: | Dimensi, Pemahaman Matematis, WhatsApp Group, Lisrel. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:13 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 03:13 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14130 |